Sabtu, 13 Mei 2023

Projek Kurmer Tema Kearifan Lokal, Siswa MTsN 6 Kulon Progo Membatik Bersama


Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo menjadi piloting project Kurikulum MerdekaUntuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengekpresikan diri sebagai hasil pembelajaran, MTsN 6 Kulon Progo  mengadakan Projek ketiga,  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Rahmatan Lil 'Alamin kali ini mengambil tema kearifan lokal. Kegiatan tersebut untuk kelas 7 karena menggunakan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan MTsN Kulon Progo pada  Rabu (3-10/5/2023).

Mengangkat tema kearifan lokal dalam projek ini siswa belajar membatik bersama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7. Dibagi menjadi 32 Kelompok. Setiap kelompok membatik dengan dimulai dari menggambar motif, mencanting, dan pewarnaan. Siswa bisa memiliki keterampilan cara membatik. Hasil karya siswa sangat bagus dengan berbagai warna.

Kepala Madrasah, H.Riza Faozi, S.Pd, M.Si. menyampaikan apresiasi hasil karya siswa. "Projek ini memberi pengalaman kepada siswa untuk untuk mengenal kearifan lokal. Salah satu kearifan lokal di Kulon Progo adalah batik. Pengalaman ini sangat berharga bagi siswa pada kehidupan nyata. Hasil karya batik siswa juga bagus-bagus," tutur Riza.

Waka Kurikulum, Marwati, S.Pd. menuturkan bahwa agenda tersebut untuk memberikan bekal keterampilan bagi siswa. "Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil 'Alamin pada projek ketiga ini mengambil tema kearifan lokal. Kita mengambil projek dengan membatik untuk memberikan bekal keterampilan pada siswa. Selanjutnya hasil produk batik siswa akan ditampilkan dalam fashion show," ungkapnya. (nas)