Selasa, 12 April 2022

Giat Ramadhan MTsN 6 Kulon Progo, Hiasi Jam Istirahat dengan Shalat Dluha dan Kultum

Giat Ramadhan MTsN 6 Kulon Progo, Hiasi Jam Istirahat dengan Shalat Dluha dan Kultum Penampilan Kultum dari Siswa MTsN 6 Kulon Progo, Alkienat Gayuh N.L.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-04-06 18:10:52

Kulon Progo (MTsN6KP) – Keluarga besar MTsN 6 Kulon Progo menyambut gembira datangnya Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Beragam agenda Ramadhan dipersiapkan. Salah satunya kegiatan Shalat Dluha dan Kultum. Hal ini sesuai pesan Kamad Zainuri agar bulan Ramadhan dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan.

"Kita sambut dan hiasi bulan suci ini dengan suasana gembira, penuh keimanan dan ketakwaan, serta senantiasa meningkatkan amal ibadah," tuturnya di sela aktivitas madrasah.

Giat Ramadhan MTsN 6 Kulon Progo, Hiasi Jam Istirahat dengan Shalat Dluha dan Kultum

Kegiatan shalat dluha dan kultum dilaksanakan pada jam istirahat siswa. Hari ini, Rabu (6/4/2022) adalah pelaksanaan perdana kegiatan ini. Sembari diniatkan i'tikaf, para siswa disertai guru memenuhi mushalla MTsN 6 Kulon Progo. Mereka serempak melaksanakan shalat dluha, dizkir, dan doa bersama.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan kultum. Kultum perdana ini disampaikan oleh Alkienat Gayuh Nacikal Lajalu, siswa kelas 7 A MTsN 6 Kulon Progo. Siswa yang jago mendalang dan tilawatil Quran ini menyampaikan kultum tentang hikmah-hikmah puasa Ramadhan.

"Menurut sabda Rasulullah, puasa Ramadhan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan menjauhkan kita dari neraka," papar Alkienat menyampaikan kultumnya.

Para jamaah dluha dan kultum mengikuti kegiatan dengan khidmat dan antusias. Gaya penyampaian kultum Alkienat yang khas nan jenaka memberikan kesan nasehat dan hiburan sekaligus. Secara terjadwal, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari pembelajaran di madrasah selama Ramadhan dengan perwakilan muballigh kultum dari masing-masing kelas. (asz)