Minggu, 13 Februari 2022

MTsN 6 Kulon Progo Gelar Try Out ASPD, Sofia Peringkat Pertama

Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo menyelenggarakan Try Out Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat madrasah putaran pertama. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan, menjajagi kemampuan, dan memberi motivasi siswa dalam menghadapi ASPD.

ASPD digelar oleh Dinas Dikpora DIY sebagai alat pengukur ketercapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu dalam lingkup daerah dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. ASPD dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hasil ASPD digunakan sebagai salah satu alat ukur seleksi menuju jenjang berikutnya.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd. sangat mendukung kegiatan Try Out tersebut.  "Dengan diadakannya kegiatan Try Out ini, anak-anak akan lebih siap dalam menghadapi ASPD.  Dengan persiapan yang matang, semoga para siswa dapat memperoleh nilai sebaik-baiknya dan dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi sesuai yang diinginkan," tuturnya.

Pelaksanan Try Out ASPD tingkat madrasah ini dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Rabu (24 dan 26/1/2022) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan dilaksanakan sesuai waktu pendalaman materi dan soal dibuat oleh guru madrasah sesuai dengan standar soal ASPD.

Para siswa antusias menerima hasil Try Out ASPD tingkat madrasah ini. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan hasil terbaik. Peringkat pertama pada Try Out ASPD kali ini diraih oleh Sofia Nur Afifah kelas IX C dengan nilai 351. Peringkat dua sampai keempat masing-masing diraih oleh Danang Aji Wicaksono kelas IX C, Avisa Nur Faiha kelas IX A, Dwi Ayu Rahmalia kelas IX C.

Wakil Kepala MTsN 6 Kulon Progo  Bidang Pendidikan, Marwati S.Pd. mengungkapkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan adanya Try Out ASPD. "Para siswa saling berlomba untuk mendapatkan nilai bagus. Hal ini dikarenakan hasil Try Out digunakan untuk membentuk kelompok baru saat pendalaman materi ASPD berdasarkan rangking," ungkap Marwati.

Sebagai peraih peringkat pertama, Sofia Nur Afifah mengungkapkan rasa syukurnya dan akan terus belajar untuk meningkatkan nilai, serta mempertahankan peringkatnya. "Saya akan selalu memantaskan diri menjadi peringkat pertama. Semoga nilai saya terus bertambah," ungkapnya dengan wajah berbinar. (mwt/ani)