Minggu, 13 Februari 2022

Budayakan 5S, Guru BK MTsN 6 Kulon Progo Tanamkan Pendidikan Karakter

Kulon Progo (MTsN6KP) – Pada era saat ini siswa perlu memiliki pendidikan karakter yang kuat, untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju. Salah satu cara peningkatan pendidikan karakter siswa dengan pembiasaan 5S di Madrasah. Budaya 5S adalah budaya pembiasaan diri untuk menerapkan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Hal itu ditanamkan oleh guru BK MTsN 6 Kulon Progo.

Kegiatan 5S ini merupakan salah satu program BK untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Semua siswa MTsN 6 Kulon Progo diharapkan dapat membiasakan diri melaksanakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) ketika berada di madrasah. Kegiatan ini dimulai ketika siswa datang dan masuk gerbang MTsN 6 Kulon Progo sudah disambut guru untuk melaksanakan 5S. Selanjutnya saat siswa antri cek suhu sebelum masuk ke kelas juga melaksanakan 5S kepada guru yang bertugas.

Pembiasaan 5S juga dilakukan siswa ketika bertemu atau berpapasan dengan siswa lain maupun guru di madrasah. Pembiasaan 5S apabila dilaksanakan rutin dapat membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik.

Guru BK MTsN 6 Kulon Progo, Supiyati, S.Pd. menyampaikan pentingnya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. "Salah satu program BK adalah menerapkan budaya 5S. Pembiasaan 5S dapat membentuk karakter siswa sehingga memiliki kepribadian yang baik. Siswa akan belajar menghargai dan menghormati satu sama lain. Dengan adanya budaya 5S di MTsN 6 Kulon Progo ini akan terwujud madrasah yang ramah, aman, dan nyaman," kata Supiyati.

Salah satu siswa, Sofia mengungkapkan rasa senang adanya penerapan pembiasaan 5S ini. "Saya merasa senang ada pembiasaan 5S ini. Ada rasa saling menghormati antar sesama siswa. Dan juga melatih kita untuk memiliki sikap sopan santun yang baik. Dengan pembiasaan 5S ini dapat membuat kita lebih nyaman dan tenang ketika belajar di madrasah," ungkapnya. (spy)