Minggu, 14 Mei 2023

Projek Kurikulum Merdeka MTsN 6 Kulon Progo: Membatik, Didik Anak Kreatif dan Mandiri


Kulon Progo (MTsN6KP) – Tahun pelajaran 2022/2023 MTsN 6 Kulon Progo menerapkan Kurikulum Merdeka bagi siswa kelas VII. Pada Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan projek. Kegiatan projek  bertujuan melatih para siswa untuk mandiri dan berkreasi menghasilkan karya. Kali ini siswa berkegiatan projek membatik di madrasah, Jum'at (12/5/2023).

Wali Kelas 7A, Zuni Astuti menyampaikan bahwa para siswa mendapatkan materi membatik dan mempraktikkannya. "Beberapa hari sebelum pelaksanaan projek, siswa diingatkan kembali tentang motif batik, proses membatik (membuat pola, mencanting, dan pewarnaan) yang dulu pernah dilihat saat kegiatan Outing Class di Batik Sembung," tuturnya.

Kepala Madrasah, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. turut membersamai agenda projek ini. "Kegiatan projek membatik dimulai sejak Rabu (3/5/2023).  Para kelompok siswa didampingi wali kelas dan guru pendamping. Kegiatan ini sangat mendidik, melatih kemandirian, dan mengasah kreativitas siswa. Siswa mampu menciptakan motif/desain batik. Selain itu, siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dalam mencanting dan menggoreskan warna pada batik. Sangat patut diapresiasi," ungkap Kamad Faozi.

Dengan kegiatan projek, madrasah berusaha memaksimalkan kemandirian, kreativitas, dan pengalaman siswa dalam proses membatik. Hal ini diharapkan siswa dapat menerapkan ilmunya dan bermanfaat untuk masa depannya. (asz)