Selasa, 29 Maret 2022

Terakreditasi Sangat Baik, Kunjungan Perpustakaan Darul Ilmi MTsN 6 Kulon Progo Meningkat

Kulon Progo (MTsN6KP) – Sejak dilakukan penilaian akreditasi,  Perpustakaan  Darul Ilmi MTsN 6 Kulon Progo pada Oktober 2021 yang lalu oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI), telah terjadi peningkatan jumlah pengunjung. Banyak daya tarik yang diberikan oleh pengelola perpustakaan, seperti jumlah buku bacaan yang semakin meningkat. Sarana prasarana dipenuhi  sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Perpusnas RI.

Siswa merasa nyaman mengunjungi Perpustakaan Darul Ilmi. Komponen yang dipersyaratkan sebanyak enam (6) komponen yaitu Koleksi, Sarpras, Ketenagaan, Pelayanan, Penyelenggaraan, dan Penguat sudah berusaha dipenuhi. Semuanya harus sesuai dengan standar dalam borang akreditasi. Dari segi koleksi, telah  tersedia 2.750 judul, dalam berbagai klasifikasi, termasuk buku referensi. Juga tersedia buku karya guru dan siswa sejumlah 30 judul, baik buku antologi maupun buku solo. Ini masih terus bertambah, karena  proses input buku masih berjalan.

Kepala Perpustakaan,  Dra. Siti Mahmudati, MA.  menyampaikan bahwa kunjungan siswa meningkat dari waktu ke waktu. "Alhamdulillah setelah terakreditasi jumlah pengunjung perpustakaan lebih meningkat. Hal itu tak lepas dari kondisi perpustakaan yang lebih rapi, lengkap koleksinya, dan sudah sesuai dengan standar sehingga membuat siswa nyaman saat berkunjung ke perpustakaan," ungkapnya.

Sementara itu, Meisya Ayu salah satu siswa MTsN 6 Kulon Progo merasa nyaman ketika berkunjung ke perpustakaan. "Saya merasa nyaman berkunjung dan belajar di perpustakaan. Tempatnya bersih dan sejuk. Buku koleksinya juga banyak. Saya suka membaca novel dan di sini ada banyak," ujarnya. (dat/nas)