Selasa, 29 Maret 2022

Guru MTsN 6 Kulon Progo Ikuti Bimtek Video Moderasi Beragama

Kulon Progo (MTsN6KP) – Moderasi Beragama merupakan progam prioritas Kementerian Agama dan program nasional jangka menengah hingga tahun 2024. Penguatan Moderasi Beragama sangat penting dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan termasuk di madrasah dan sekolah. Hal ini disampaikan Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. saat membuka Bimtek Pembuatan Video Moderasi Beragama di Gedung FKUB Kulon Progo, Kamis (24/3/2022).

"Moderasi Beragama adalah program prioritas Kementerian Agama dan program nasional jangka menengah hingga tahun 2024. Lembaga-lembaga pendidikan termasuk madrasah dan sekolah penting ditanamkan Penguatan Moderasi Beragama," tutur Kakan.

Lebih lanjut, Wahib Jamil memaparkan tiga alasan sekaligus tantangan dalam moderasi beragama. "Alasan sekaligus tantangan pentingnya Penguatan Moderasi Beragama antara lain: berkembangnya cara pandang dan sikap beragama yang berlebihan (ekstrem) dan mengesampingkan martabat kemanusiaan, berkembangnya klaim kebenaran subyektif dan pemaksaan kehendak atas tafsir agama serta pengaruh kepentingan ekonomi dan politik berpotensi memicu konflik, serta berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa dalam bingkai NKRI," jelasnya.

Dalam bimtek ini, Narasumber Wildan M. Suharjo dan Andrie menjelaskan teknik pembuatan video sejak pembuatan skenario hingga video editing. Disampaikan teknik-teknik pengambilan gambar, adegan, transisi, dan lain-lain. "Dalam bimtek ini, kita belajar bersama dan berlatih bersama. Insya Allah kami pandu hingga menghasilkan karya video moderasi beragama dengan lebih berkualitas," papar Wildan.

"Semoga dengan bimtek ini, pesan dan amanat yang disampaikan tentang penguatan moderasi beragama dalam video dapat tersampaikan dan berdampak pada kerukunan umat di Kulon Progo," imbuhnya.

Kegiatan bimtek ini berlangsung Kamis-Jumat (24-25/3/2022). MTsN 6 Kulon Progo mendelegasikan Ahmad Syaifuddin Zuhri, S.Pd. mengikuti bimtek ini. Ia menyampaikan sangat antusias mengikuti. "Banyak ilmu yang kami dapatkan dalam bimtek ini. Moderasi beragama sangatlah penting. Hal itu dapat tersampaikan dengan baik dan menarik apabila disampaikan dengan cara yang baik dan menarik pula," ujar Ahmad. (asz)