Selasa, 12 April 2022

Lomba Egrang Semarakkan HAB ke-25 MTsN 6 Kulon Progo, Kamad Zainuri: Lestarikan Tradisi Adiluhung

Lomba Egrang Semarakkan HAB ke-25 MTsN 6 Kulon Progo, Kamad Zainuri: Lestarikan Tradisi Adiluhung 
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-04-02 15:42:24

Kulon Progo (MTsN6KP) - HAB Ke-25 MTsN 6  Kulon Progo dihiasi aneka lomba.Apel pagi Senin, (28/3/2022) sebagai pembukaan aneka lomba perayaan HAB MTsN 6 Kulon Progo. Dalam pembinaan apel, Kamad Zainuri S.Pd., M.S.I. berpesan kepada para siswa peserta lomba untuk menjunjung tinggi sportivitas.

"Junjunglah nilai-nilai kejujuran, sportivitas, dan percaya diri yang tinggi," tuturnya.

Lomba Egrang Semarakkan HAB ke-25 MTsN 6 Kulon Progo, Kamad Zainuri: Lestarikan Tradisi Adiluhung 

Lomba Egrang Semarakkan HAB ke-25 MTsN 6 Kulon Progo, Kamad Zainuri: Lestarikan Tradisi Adiluhung 

"Anera lomba yang dipertandingkan merupakan ajang pencarian bibit-bibit unggul yang kelak akan dipertandingkan pada level yang lebih tinggi. Saya harap banyak muncul bibit-bibit unggul yang akan mengharumkan nama MTsN 6 Kulon Progo. Selamat bertanding. Jadilah juara dan sukses semuanya," ungkap Kamad.

Salah satu lomba yang dipertandingkan adalah egrang. Kamad Zainuri juga menyampaikan bahwa lomba ini sengaja ditampilkan untuk melejitkan kembali budaya adiluhung warisan leluhur yang hampir punah tergilas kemajuan zaman. "Egrang adalah tradisi adiluhung. Lomba egrang ini selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yaitu nguri-uri kabudayan dolanan anak melalui program PBP, dan disalurkan lewat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga," papar Zaenuri.

Lomba permainan anak dengan cara berjalan menggunakan dua buah bambu sebagai pilar tumpuannya ini diikuti perwakilan siswa tiap kelas. Zuni Astuti, S.Pd., Istiyani, dan timnya bertindak sebagai juri. Selain lomba egrang, diselenggarakan juga lomba geguritan, lari, tenis meja, tartil Al QurĂ¡n, adzan, dai, dan juga KSM.

Beberapa pertandingan berlangsung meriah. Tenis meja dipimpin oleh Nasrul Perdana, S.Pd., lari sprint dipimpin Dra. Sulastri, M.Pd., lomba tartil dikoordinatori oleh Rr. Tatik Romdhiyati, S.Ag., lomba adzan dikoordinatori Meilian Choirudin, S.Ag., dan lomba da'i dikoordinatori Isnandar, S.Th.I.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Ani Romadhoni, S.Pd. menyampaikan bahwa agenda ini telah direncanakan sejak dulu. "Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Program Kerja Kesiswaan. Kegiatan ini diikuti peserta dengan jumlah terbatas. Hal ini sesuai anjuran Kementerian Agama agar tidak menyelenggarakan even yang menghadirkan banyak anak," terang Ani.

Di tempat terpisah, Drs. Zamroni yang bertugas sebagai juri lomba geguritan merasa bangga dapat berpartisipasi dalam rangkaian HAB ini. Ia bertugas dengan berbusana adat jawa. "Saya ikut merasakan aura kebahagiaan keluarga besar MTsN 6 Kulon Progo. Sambutannya luar biasa. Termasuk pihak-pihak sponsorship yang selama ini bekerja sama dengan MTsN 6 Kulon Progo. Mereka tak lupa memberikan apresiasinya berupa ucapan selamat HAB MTsN 6 Kulon Progo. Luar biasa, sangat meriah," ungkap Roni bangga.

Acara diakhiri dengan pengumuman para juara. Para pemenang diharapkan kehadirannya untuk menerima piagam penghargaan pada puncak pelaksanaan HAB ke-25 MTsN 6 Kulon Progo, Kamis (31/3/2022) mendatang. (zai/asz)