Jumat, 03 September 2021

MTsN 6 Kulon Progo Jalani Verifikasi Adiwiyata Tingkat Provinsi


Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo menuju Madrasah Adiwiyata. Segala hal sudah dipersiapkan untuk menghadapi penilaian adiwiyata tingkat provinsi. Sebelumnya madrasah sudah menjalani verifikasi dan penilaian adiwiyata tingkat Kabupaten Kulon Progo dan dinyatakan lolos untuk maju penilaian tingkat provinsi. Penilaian visitasi adiwiyata meliputi dokumen administrasi dan kondisi fisik sarana prasarana madrasah. Kegiatan verifikasi adiwiyata ini berlangsung di Aula MTsN 6 Kulon Progo, Jum'at (3/9/2021).

Dalam kegiatan verifikasi lapangan ini, hadir tim penilai adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY. Tim penilai terdiri: Balau Eko Purwanto, ST, Abdul Haris Nurfika, M.Pd, Barul Budiati, SE, Winarti, SH, Tifani Diah Nisa, ST. Madrasah mempersiapkan komponen yang dinilai.

Di antara komponen dokumen terdiri Ani Romadhoni sebagai penanggung jawab dokumen, Marwati, S.Pd bagian dokumen KTSP dan RPP, Tuti Wahyuni, S.Pd. bagian dokumen Inovasi, Sri Puji Astuti, S.Pd. bagian dokumen pengolahan sampah. Selain itu, penanggung jawab fisik yaitu Ismi Rahayu, S.Pd. bagian kantin, Yunita Mawadati, S.Pd. bagian kompos, Sri Purwaningsih, S.Pd. bagian biopori, Meilian Choirudin, S.Pd.I. bagian hidroponik, serta Zamroni, S.Pd. bagian sampah pilah.

Salah satu Tim Penilai, Balau Eko Purwanto, ST menyampaikan kesan pertama masuk MTsN 6 Kulon Progo terlihat hijau dan sejuk. "Ketika kami masuk melihat kondisi madrasah terlihat sejuk dan bersih. Selanjutnya kami juga melihat kondisi dokumen administrasi adiwiyata yang sudah bagus, mungkin hanya perlu dilengkapi dibeberapa bagian," ungkap Eko.

Kegiatan verikasi adiwiyata di MTsN 6 Kulon Progo dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kulon Progo beserta Kasubag TU yang juga ikut mendampingi madrasah dalam penilaian tersebut.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. menyampaikan bahwa madrasahnya sudah bekerja mempersiapkan diri secara maksimal. "Kami sudah berupaya maksimal untuk mempersiapkan segala hal dalam menghadapi penilaian adiwiyata pada siang hari ini. Semua warga madrasah sudah bekerja dengan baik. Semoga bisa bermanfaat dan bisa memperoleh hasil memuaskan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Adiwiyata MTsN 6 Kulon Progo, Ani Romadhoni, S.Pd.  menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak. "Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua warga madrasah dalam mempersiapkan segala hal untuk menghadapi verifikasi adiwiyata hari ini. Sehingga semua dapat berjalan dengan lancar. Semoga kita bisa memperoleh hasil yang terbaik," ujarnya. (nas)