Minggu, 14 Juli 2019

MTsN 6 Kulon Progo Gelar Matsama

Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kulon Progo (Madenaku) menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama). Kegiatan dibuka Kepala Madrasah Imam Syamroni, S.Pd ditandai dengan mengalungkan papan nama kepada Haikal Sabri Putra dan Oktaviana Putri Ruswanto, Senin (15/7).
Wakamad Urusan Kurikulum Marwati, S.Pd menjelaskan, Matsama berlangsung tiga hari (15-17/7) diikuti 128 peserta terdiri 63 laki-laki dan 65 perempuan. Adapun materi kegiatan meliputi upacaram ta`arufm pemgenalan lingkungan, baris berbaris, sosialisasi tatatertib, pembiasaan madrasah, penyuluhan tertib lalulintas dan narkoba, koordinasi kelas, jamaah sholat dhuha, jamaah sholat dhuhur serta upacara pembukaan dan penutupan.
Imam Syamroni mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru disertai harapan untuk cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru. “Saya harap kalian mengikuti semua kegiatan dengan penuh semangat. Dengan semangat yang tinggi insyaalah akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat di waktu mendatang”
Sedangkan kepada guru karyawan Imam Syamroni meminta agar dapat menjadi suri tauladan bagi peserta didik, sebab bagi mereka keteladanan mutlak diperlukan dalam pembentukan akhlakul karimah.
Marwati menambahkan, di hari pertama peserta didik diajak mengikuti jamaah sholat dhuha di mushola Nurul Huda dipimpin Meilian Choirudin, S.Ag. Sedangkan Ta`aruf digunakan untuk saling mengenal satu sama lain antar individu, dipandu Ismi Rahayu, S.TP, Suroto, S.Ag, Tatik R, S.Ag.
Madrasah yang memiliki visi “CANTIK” (Cerdas, agamis, normatif, terampil, inovatif, kreatif) berwawasan lingkungan saat ini makin dipercaya masyaratakat. Di Tahun Pelajaran 2019/ 2020 ini menerima peserta didik baru 128 anak. Adapun yang masuk dengan nilai tertinggi Avisa Nur Faiha dari SD Muh. I Wonopeti Galur.
“Untuk Matsama ini madrasah menggandeng Polsek Galur untuk memberikan materi penyuluhan tatatertib lalulintas dan narkoba”,pungkas Marwati (tan