Senin, 05 Juni 2023

MTsN 6 Kulon Progo Terima Kunjungan Studi Inspirasi MTsN 1 Sleman


Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo menerima kunjungan dari MTsN 1 Sleman, Selasa (30/5/2023). Kegiatan itu dalam rangka Studi Inspirasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. menyambut kunjungan itu dengan hangat dan antusias.

"Alhamdulillah, kami ucapkan selamat datang atas kehadiran Bapak/Ibu dari MTsN 1 Sleman. Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada MTsN 6 Kulon Progo sebagai rujukan Studi Inspirasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Semoga agenda ini menjadi perekat silaturahmi, berbagi pengalaman, dan penambah wawasan IKM di madrasah. Semoga IKM menjadi solusi bersama untuk pembelajaran yang lebih menyenangkan, baik bagi guru maupun para siswa," tutur Kamad Faozi.

Kepala MTsN 1 Sleman, Imam Syamroni, S.Pd., M.Si. terkesan atas sambutan itu. "Saya beserta rombongan dari MTsN 1 Sleman sangat berterima kasih atas sambutan ini. Sambutan yang sangat berkesan dari jajaran guru dan pegawai. Semoga kami bisa mempelajari dan mendapatkan banyak inspirasi dari IKM di MTsN 6 Kulon Progo. Kami studi inspirasi kepada madrasah ini yang lebih dahulu dalam Implementasi kurikulum Merdeka," ungkap Imam Syamroni.

Waka Kurikulum MTsN 6 Kulon Progo, Marwati, S.Pd. memaparkan konsep IKM. "Dalam IKM ada Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), persiapan P5 P2 RA, penyusunan modul projek, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar (MA)," paparnya.

"Dalam kurikulum merdeka ada banyak hal yang didapatkan siswa. Pembentukan karakter, penanaman softskill, dan belajar sepanjang hayat. Dalam IKM hal itu difasilitasi secara keseluruhan," pungkas Marwati. (asz)