Minggu, 26 Maret 2023

Gelar Karya dalam Market Day, MTsN 6 Kulon Progo Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Kulon Progo(MTsN6KP) – Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengekpresikan diri sebagai hasil pembelajaran, MTs N 6 Kulon Progo  mengadakan Gelar Karya,  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Rahmatan Lil 'Alamin. Kegiatan tersebut untuk kelas VII karena menggunakan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MTsN Kulon Progo pada Sabtu (18/3/2023).

Tema Projek ini adalah kewirausahaan dengan keteladanan dengan topik. "Kuliner dalam Market Day, menuju entrepreneurship". Dimensi yang diambil adalah gotong royong dan berfikir kritis. Kegiatan market day ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dibagi menjadi 16 kelompok. Setiap kelompok membuat produk masing-masing yang menarik untuk dipasarkan. Alhamdulillah semua produk siswa dapat terjual habis semua.

Pengawas Madrasah, Barokatussolihah, S.Ag. M.S.I. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai pengalaman baru bagi siswa. "Proyek ini memberi pengalaman kepada siswa untuk berwirausaha. Pengalaman ini sangat berharga bagi siswa pada kehidupan nyata," ujarnya.

Hal ini senada dengan pemaparan Kepala MTs N 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag. M.S.I. "Hari ini saya sangat bangga dengan kelas 7. Walaupun mereka belum lama tamat dari SD/MI, tetapi mereka sudah bisa berkreasi dengan luar biasa," tutur Kamad saat membuka market day.

Sementara Waka Kurikulum, Marwati, S.Pd. mengaku sangat terkesan dengan agenda Market Day. "Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil 'Alamin ini mengambil tema Kewirausahaan dengan keteladanan. Sedangkan topiknya adalah 'Kuliner dalam Market Day, Langkah Kecil Menuju Enterpreneurship'. Hari ini saya sangat terkesan dengan usaha siswa kelas VII dalam menyukseskan market day," ungkapnya. (mar/nas/asz)