Kamis, 30 Juni 2022

MTsN 6 Kulon Progo Gelar Deklarasi Madrasah Ramah Anak

Kulon Progo (MTsN6KP) – Siswa merupakan anak-anak yang harus dijaga kenyamanan dalam pembelajaran di Madrasah. Siswa harus memperoleh perlindungan dan kenyamanan di lingkungan madrasah. Salah satunya dengan menjadikan madrasah ramah anak. Untuk itu, MTsN 6 Kulon Progo mengadakan deklarasi madrasah ramah anak. Kegiatan deklarasi madrasah ramah anak diadakan di Aula MTsN 6 Kulon Progo, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan deklarasi ini sebagai bukti bahwa MTsN 6 Kulon Progo ingin ikut menjaga dan mengutamakan hak anak di madrasah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi dikmad Kankemenag Kulon Progo, Pengawas Madrasah, Komite Madrasah, perwakilan wali murid, guru dan pegawai, serta perwakilan siswa. Semua berkomitmen untuk menciptakan MTsN 6 Kulon Progo menjadi madrasah ramah anak. Madrasah ramah anak ini di antaranya stop kekerasan, stop bullying pada anak, dan kawasan bebas asap rokok, sehingga tercipta lingkungan madrasah yang aman dan nyaman. Kegiatan diakhiri dengan tanda tangan bersama sebagai bukti deklarasi madrasah ramah anak.

Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto, S.Pd. menyampaikan esensi dari madrasah ramah anak. "Pertama saya ucapkan selamat MTsN 6 Kulon Progo telah mendeklarasikan madrasah ramah anak. Esensinya anak bisa menjadi subjek dan objek. Visi dan misi madrasah juga disesuaikan dengan hak-hak anak," ungkapnya.

Sementara itu Pengawas Madrasah, Barokatussolihah, S.Ag., M.S.I. menyampaikan apresiasi atas deklarasi ini. "Saya sangat bangga dengan MTsN 6 Kulon Progo. Dengan deklarasi ini dapat melengkapi madrasah yang berprestasi dan ditunjang dengan madrasah yang ramah anak. Sehingga semua dapat berkesinambungan untuk lebih berprestasi lagi," tutur Ika.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. menyampaikan terima kasih atas deklarasi ini. "Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, sehingga acara deklarasi madrasah ramah anak ini dapat berjalan lancar. Saya harapkan setelah deklarasi ini semua warga madrasah dapat melaksanakan dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran. Sehingga benar-benar tercipta madrasah ramah anak," ujarnya. (nas)