Sabtu, 14 Mei 2022

Hardiknas MTsN 6 Kulon Progo Khidmat Berbusana Adat

Kulon Progo (MTsN6KP) – Tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional di Indonesia. Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini peringatan Hardiknas dilaksanakan  Jumat (13/5/2002) karena 2 Mei lalu bertepatan dengan libur sekolah dan Idulfitri. Meskipun demikian, tak menyurutkan semangat Keluarga Besar MTsN 6 Kulon Progo melaksanakan upacara. Upacara berjalan lancar tanpa kendala. Semua peserta mengenakan busana adat. Meski berpeluh, peserta upacara tak mengeluh.

MTsN 6 Kulon Progo memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan penuh khidmat. Upacara diikuti oleh para guru,  pegawai, dan segenap siswa. Selaku pembina upacara, Kamad Zainuri, S.Pd., M.S.I. menyampaikan  tentang semboyan Ki Hadjar Dewantara. "Semboyan ini sangat kita kenal dan relevan kita terapkan hingga kini. Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut wuri Handayani," tuturnya.

"Saya bahas sekilas tentang Ing Ngarso Sung Tulodho, artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan  teladan yang baik. Setiap diri kita adalah pemimpin yang harus menjadi uswatun hasanah, menjadi contoh yang baik. Sehingga bermanfaat bagi kehidupan baik dunia maupun akhirat," papar Zainuri.

Dengan penerapan Ing ngarso Sung Tuladha itu, insya Allah dalam segala kinerja, pembelajaran, dan aktivitas kita selalu berusaha berbuat yang terbaik. Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya. Jangan hanya puas di bangku madrasah tsanawiyah," pungkas Kamad. (nsn/asz)