Selasa, 29 Maret 2022

Diseminasi SKP MTsN 6 Kulon Progo, Kamad Zainuri: Integritas adalah Prioritas dan Martabat

Kulon Progo (MTsN6KP) –  MTsN 6 Kulon Progo menyelenggarakan diseminasi SKP kepada para guru dan pegawai, Sabtu (19/3/2022). Acara bertempat di Aula MTsN 6 Kulon Progo. Kamad Zainuri, S.Pd., M.S.I. bertindak sebagai narasumber tunggal dalam diseminasi itu.

Sebelum menjelaskan SKP, Kamad Zainuri menyampaikan pembinaan ASN. "Integritas ASN sangatlah penting. Saya mengutip pesan Gus Menteri bahwa satu-satunya harta yang dimiliki ASN adalah integritas. Gus Men menegaskan bahwa seorang ASN harus selalu berkomitmen menjaga integritas dalam tugas dan tanggung jawabnya agar tidak kehilangan martabat dan harga dirinya," tutur Kamad.

Dalam diseminasi SKP ini, Zainuri memaparkan bahwa SKP tahun 2021, terdiri dari dua bagian. "SKP periode Januari–Juni menggunakan aturan yang lama. Sementara untuk periode Juli–Desember, menggunakan aturan yang baru. Saya instruksikan SKP ini selesai dalam satu pekan ke depan, paling lambat (26/3/2022).

Beberapa guru dan pegawai menyampaikan pendapatnya dan berterima kasih atas pemaparan SKP dari Kamad. Di antaranya Wakakur Marwati, S.Pd. dan  Ka. TU Sudaryati, A.Md. "Penjelasan Kamad sangat efektif dan mudah dipahami. Kami sangat berterima kasih," ungkap mereka.

Selain diseminisi SKP, kegiatan hari itu juga diisi dengan Workshop Penyusunan RPP HOTS dari Kamad Zainuri. Kamad menyampaikan bahwa workshop ini bagian dari peningkatan profesionalisme guru dalam pembelajaran. "Pembelajaran harus berorientasi pada pembelajaran Abad 21. Salah satu ciri khasnya adalah penerapan prinsip 4C (Creativity Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, and Collaboration)," paparnya.

"Pembelajaran harus berorientasi pada kreativitas dan inovasi. Anak dibiasakan berpikir kritis dalam menyelesaikan berbagai persoalan, dapat mengkomunikasikan ide dan gagasan, membangun kerja sama, ataupun bekerja secara tim," imbuhnya. (zai/asz)