Jumat, 25 Februari 2022

Alkienat, Sang Dalang Cilik Siswa MTsN 6 Kulon Progo Jadi Panutan

Kulon Progo (MTsN6KP) – Alkienat Gayuh Nacikal Lajalu nama yang terasa agak asing di telinga dan sulit untuk diingat. Siswa 12 tahun yang kini duduk di kelas 7 MTsN 6 Kulon Progo ini ternyata menyimpan banyak sekali bakat. Tidak hanya di bidang seni, tetapi juga bidang lainnya. Bakat yang tidak banyak dipunyai anak anak di jaman sekarang ini yaitu Dalang Wayang Kulit. Dia mulai mendalang saat berumur 9 tahun dengan bimbingan Ki Dalang Sutar Cermo Widodo dari Sanggar Melati Rinonce.

Alkienat lahir pada 26 Desember 2009 merupakan putra pertama pasangan Sukiran dan Suprihatin yang berprofesi sebagai buruh. Mereka tinggal di Kasihan 2, Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo. Alkienat selain mendalang juga punya bakat MTQ, dan stand up comedy.

Dan yang sangat membanggakan lagi sejak kelas 5 SD sudah mempunyai kebiasaan yang luar biasa bagi anak remaja seumuran dia, yaitu selalu melakukan puasa Senin dan Kamis, rajin membantu orang tua, serta rajin ke masjid. Seperti yang diceritakan oleh Suprihatin, sang ibunda.

Alkienat juga gemar menyanyi dan sepak bola. Perawakan montok, dan pembawaan yang ceria serta sopan itulah ciri khas penampilan Alkienat.
Beberapa prestasi yang diraihnya yaitu Juara 2 Pidato FASI 2 tahun berturut-turut yaitu pada 2018 dan 2019. Saat kelas 4 SD juga sering menjuarai MTQ. Juara Harapan 2 lomba MTQ siswa dalan rangka HAB Kementerian Agama tahun 2021.

Ia mewakili Kapanewon Lendah, Festival Dalang Wayang Kulit Anak dan Remaja yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kulon Progo. Pada 24 – 27 Februari 2022 di Taman Budaya Kulon Progo dan disiarkan langsung melalui channel Youtube Dinas Kebudayaan Kulon Progo.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. M.SI, di sela-sela aktivitas di madrasah, Jum'at (25/2/2022) mengaku sangat bangga dengan multitalenta yang dimiliki oleh Alkienat dan patut menjadi panutan bagi siswa lain. "Saya bangga dan sangat mendukung multitalenta yang dimiliki oleh ananda Alkienat, semoga bisa jadi panutan anak-anak lain di jaman sekarang ini," harap Zainuri.

Demikian juga dengan guru-guru MTsN 6 Kulon Progo selalu mendoakan kesuksesan Alkienat. Apalagi Alkienat terkenal rajin berpuasa Senin dan Kamis. Wali Kelas Alkienat, Zuni Astiti berharap kebiasaan tersebut yang harus dipertahankan. Semoga kesuksesan akan diraih di masa-masa yang akan datang. "Semoga Alkienat bisa menjadi dalang yang shalih. Karena dia mempunyai bakat dan prestasi di bidang lain seperti qori, pidato, geguritan, dan stand up comedy. Semoga kesuksesan akan menyertainya," ucap Zuni. (ani)