Minggu, 27 Februari 2022

Ujian Praktik Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo, Ajang Ekspresi, Kreasi, dan Apresiasi

Kulon Progo (MTsN6KP) – Mapel Seni Budaya berperan dalam perkembangan peserta didik dari aspek pemberian pengalaman estetik, bentuk kegiatan berekspresi, berkreasi, dan berapresiasi. Hal tersebut disampaikan Guru Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo, Drs. Zamroni di sela kegiatan Ujian Praktik Seni Budaya, Sabtu (26/2/2022).

"Pengalaman estetik, kegiatan berekspresi, berkreasi, dan berapresiasi terdapat dalam Mapel Seni Budaya. 'Belajar dengan Seni', 'Belajar melalui Seni', dan 'Belajar tentang Seni'," paparnya.

"Ujian Praktik Seni Budaya merupakan kelanjutan penilaian dalam pembelajaran di kelas. Adanya ujian praktik akhir menggunakan media, alat, dan bahan yang sebenarnya siswa tertantang untuk menggarap karyanya dengan berhati-hati, bersungguh-sungguh, serta maksimal mengekspresikan kreasinya. Hasil karyanya pun bisa dinikmati estetikanya," imbuh Zamroni.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.S.I. mengapresiasi kegiatan ini. "Talenta siswa selayaknya kita asah dan fasilitasi dengan baik. Berikutnya, siswa dapat terus meningkatkan potensi serta bakatnya dalam seni, kebudayaan, dan berbagai kegiatan positif lainnya," tutur Kamad Zainuri.

Ujian Praktik Seni Budaya tahun ini dilaksanakan Jumat-Sabtu, (25-26/2/2022). Pesertanya seluruh siswa kelas IX MTsN 6 Kulon Progo. Drs. Zamroni dan Suprayitna, S.Pd.I. bertindak sebagai penguji dan pendamping. Seluruh siswa mengikuti dengan tertib dan antusias. (zam/asz)