Jumat, 25 Februari 2022

Ujian Praktik Qur'an Hadist MTsN 6 Kulon Progo, Upaya Tanamkan Hujjah Sepanjang Masa

Kulon Progo (MTsN6KP) – KeIslaman adalah karakteristik utama dari madrasah. Hal ini harus tertanam kuat dalam pribadi siswa. Sebagai landasan ukur itu, MTsN 6 Kulon Progo menyelenggarakan ujian praktik Al-Qur'an Hadist bagi siswa kelas IX. Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.S.I. menyampaikan hal itu di sela aktivitas madrasah, Kamis (24/2/2022).

"Pemahaman dan pengamalan agama Islam yang kokoh menjadi prioritas kita," tuturnya.

Guru Al-Qur'an Hadits MTsN 6 Kulon Progo, Meilian Choirudin S.Ag. memaparkan esensinya. "Mapel Al-Qur'an Hadist merupakan unsur mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) pada madrasah. Mapel ini diimplementasi kepada siswa sejak kelas VII hingga IX. Mapel Qurdis bertujuan bekali pendidikan kepada siswa memahami isi Al-Qur'an dan Hadits serta penerapannya dalam kehidupan," ungkapnya.

"Siswa madrasah harus dapat membaca dan memahami Al-Quran dan Hadist dengan benar. Nota bene, Qur'an dan Hadist adalah Hujjah utama muslim dalam beribadah dan bermuamalah. Adapun materi yang diujikan untuk kelas IX antara lain: Bacaan Mad Lazim Mukhaffah Harfi, Mad Lazim Mustaqqal Harfi, dan hadist-hadits tentang menjaga kelestarian alam. Siswa harus benar-benar memahami, bertajwid, dan mempraktikkan materi yang diujikan itu," imbuh Meilian memaparkan.

Meilian Choiruddin, S.Ag. bersama Darmono, S.Pd.I. bertindak sebagai penguji Ujian Praktik Qurdis tahun ini. Agenda ini terlaksana Rabu-Kamis (23-24/2/2022). "Kegiatan diawali pengarahan kepada siswa tentang prosedur ujian praktik ini. Kemudian siswa secara berurutan dan tertib menunggu di luar ruang ujian. Satu per satu siswa diuji dengan sesuai ketentuan. Semoga harapan bersama nan mulia, bekali Qur'an dan Hadist dengan pemahaman dan pengamalan yang benar, terwujud dalam keseharian siswa sepanjang hayat," pungkasnya. (mei/asz)