Sabtu, 25 Desember 2021

Warta Resume LDK OSIS 2021

Jurnalisme & Literasi Siswa

Kulon Progo (MTsN 6 KP). Kepemimpinan adalah Seseorang yang memengaruhi orang disekitarnya untuk mendaki, mencapai tujuan organisasi atau kelompoknya. Hal tersebut disampaikan Waka kesiswaan MTsN 6 Kulon Progo Ani Romadhoni, S.Pd., saat memberi materi Latihan Dasar Kepemimpinan bagi 30  pengurus OSIS Periode 2021/2022,Senin (20/12) di Aula. Ani menambahkan, Seorang leader atau pemimpin harus mempunyai syarat.syarat syarat yang diperlukan seorang pemimpin yaitu, kekuatan, fisik(jasmani yang sehat), kekuatan teknik, kemampuan mengajar, kemampuan memutuskan, ramah, percaya diri, mempunyai tujuan (mempunyai visi dan misi), memotivasi (memiliki daya tarik seperti magnet), iq diatas rata rata, dan antusiasme.

Menurut Wakakurikulum MTsN 6 Kulon Progo Marwati, S.Pd., seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan berbicara di tempat umum dengan kata lain berpidato (public speaking). Ada beberapa ciri-ciri pidato yang baik :

  1. Memiliki tujuan yang jelas, Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai,

  2. Isi pidato mengandung suatu kebenaran, 

  3. Penyampian sesuai dengan kondisi pendengar nya, Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti.

Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku." Jangan sampai kita menjadi pemimpin yang sombong atau akan membuat semua hancur "pungkasnya.

Materi yang disampaikan dalam latihan dasar kepemimpinan (LDK), meliputi kepemimpinan (Ani Romadhoni S.Pd.), Public Speaking (Marwati S.Pd.), Keorganisasian (Pembina OSIS  Ahmad Syaifuddin Zuhri, S.Pd.), Karakter & Motivasi (Herlambang),PBB (Rafif Nabil, Dimas Arya,dan Haqinuha) berjalan lancar dan dengan memenuhi protokol kesehatan pada pandemic corona.(naz)

1 komentar