Selasa, 16 Juli 2019

MTsN 6 Kulon Progo Gandeng Puskesmas, Koramil dan Polsek

Dalam rangka memberikan pengetahuan bekal hidup, MTsN 6 Kulon Progo bekerjasama dengan 3 instansi terkait di Kecamatan Galur yakni Puskesmas Galur I, Koramil dan Polsek. Erna Prajanti, A.Md.Keb,SKM & Sulastri,S.SiT dari Puskesmas menyampaikan materi “Kesehatan Reproduksi dan Gizi Remaja”, Peltu Ngasiman dari Koramil menyampaikan materi “Pendidikan karakter dan pendahuluan bela negara” dan Aiptu Timbul Ismadi & Aipda Didik Anuury, SH dari Polsek dengan materi “Pembinaan tatatertib dan narkoba”.
Hal tersebut dijelaskan Waka Humas Zuni Astuti didampingi Kepala Madrasah Imam Syamroni, S.Pd, Rabu (17/7). “Untuk siswa kelas 7 kegiatan tersebut masuk dalam Masa Ta`arus Siswa Madrasah(Matsama) sedangkan kelas 8 dan 9 berupa peningkatan motivasi”, terang Zuni.
Dihadapan para siswa, Erna Prajanti (Puskesmas) mengupas permasalahan remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Sering kali masalah berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi. Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan hal ini, mulai dari pemahaman mengenai perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi, pemahaman mengenai proses-proses reproduksi serta dampak dari perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti kehamilan tak diinginkan, aborsi, penularan penyakit menular seksual termasuk HIV.
“Adanya kehamilan tak dikehendaki di lingkungan remaja menjadi sebuah keprihatinan tersendiri. Awalnya hanya dari sentuhan, sentuhan ini akan mematikan otak dan menghilangkan penalaran, apalagi kalau sudah sampai ciuman hilang semua akal sehatnya”,ungkap Erna.
Menurutnya kesehatan reproduksi remaja adalah hal yang perlu diketahui oleh masyarakat khususnya para remaja agar mereka memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya. Dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi. Dalam hal ini Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Pengertian sehat disini tidak semata-mata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental serta sosial kultural.
Peltu Ngasiman dari Koramil menguraikan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Pendidikan dasar bela negara diperlukan guna menumbuhkan kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan Kesaktian Pancasila, kerelaan berkorban bagi Negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara. Tujuan PPBN adalah mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut guna meniadakan setiap ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
Sasaran PPBN Sasaran Pendidikan Pendahuluan Bela Negara adalah terwujudnya warga negara Indonesia yang mengerti, menghayati dan sadar serta yakin untuk menunaikan kewajibannya dalam upaya bela negara, dengan ciri-ciri: Cinta tanah air, Sadar berbangsa Indonesia, Sadar bernegara Indonesia, Yakin akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan Negara, Memiliki kemampuan awal bela Negara
Aiptu Timbul Ismadi & Aipda Didik Anuury, SH dari Polsek memberikan pemahaman tatacara disiplin berlalu -lintas di jalan Raya , seperti menggunakan Helm standar indonesia , kelengkapan kendaraan sperrti spion , plat Nomor Polisi yang sesuai standar, memperhatikan-etika berkendaraan seperti , patuhi marka dan rambu-rambu lalu lintas.
Tidak Mengendarai kendaraan dengan nendengarkan musik lewat HP , menerima panggilan telepon celuler saat berkendaraan atau menelpon saat mengendarai kendararaan karna dapat membahayakan keselamatan bagi pengendara maupun orang lain di jalan raya. akibatnya lain yang bisa ditimbulkan adalah bisa terjadi kecelakaan di jalan Raya, disampaikan juga agar para siswa tetap menjaga keselamatan di jalan raya , dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan Raya.(tan)