Sabtu, 12 Februari 2022

Lejitkan Prestasi, MTsN 6 Kulon Progo Gelar Khataman Rutin

Kulon Progo (MTsN6KP) – Membaca Al-Qur'an bagi umat Islam menjadi suatu keharusan. Dengan membacanya umat akan mendapatkan banyak manfaat, meskipun belum mengetahui arti ataupun isi dari ayat-ayatnya. Dengan mendengarkan bacaan yang mulia tersebut hati yang gundah akan menjadi tentram.

Selaras itu, Tim Keagaamaan MTsN 6 Kulon Progo merancang beberapa program. Salah satunya Khataman Al-Qur'an. Koordinator Tim Keagamaan MTsN 6 Kulon Progo, Isnandar, S.Th.I., programkan khataman Al-Qur'an guru dan pegawai sebulan sekali.

Khataman Al-Quran bulan pertama terlaksana, beserta tausiyah dan doa bersama, Sabtu (29/1/2022) ba'da dzuhur. "Di sela aktivitas dan kesibukan kita sebagai guru dan pegawai, mari bersama tetap berusaha meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an dengan bersemangat dan ikhlas," tutur Isnandar di sela kegiatan.

Begitu juga dengan Dra. Dwi Lestari Handayani, guru Matematika MTsN 6 Kulon Progo. Dwi Lestari merasa sangat senang adanya program ini. "Saya makin rutin membaca Al-Qur'an. Tentunya besar pahala yang dijanjikan Allah. Sebagaimana disabdakan Nabi bahwa orang yang membaca Al-Qur'an satu huruf akan mendapat sepuluh kebaikan," paparnya ceria.

Dalam tausiyah acara, Abikusna menyampaikan hadits Nabi tentang keutamaan bagi orang yang membaca Al-Qur'an. "Orang yang membaca Al-Qur'an dengan mahir akan ditempatkan bersama para Nabi. Dan orang yang terbata-bata dalam membaca akan mendapatkan dua pahala," terangnya.

Rangkaian kegiatan khataman siang itu berlangsung khidmat. Pengajian singkat, membaca lima surat terakhir Al-Qur'an, ditutup dengan doa Khatmil Qur'an berlangsung runtut. Kamad Zainuri, S.Pd., M.S.I. mengapresiasi kegiatan itu. "Mari kita lebih giat ber-Qur'an, landasi dengan keikhlasan, Insya Allah berkah bagi semua. Semoga kegiatan ini menjadi wasilah untuk melejitkan prestasi madrasah," pungkasnya. (isn/asz)