Rabu, 14 Juli 2021

Matsama Online MTsN 6 Kulon Progo Manfaatkan Google Meet

Masa Taaruf Siswa MTsN 6 Kulon Progo Gunakan Google Meet

Kulon Progo (MTsN6KP) – Masa taaruf siswa madrasah (Matsama) MTsN 6 Kulon Progo tahun 2021 dilaksanakan secara daring (online). Matsama daring ini dilakukan sesuai edaran pemerintah pusat dan Kementerian Agama bahwa selama PPKM Darurat se-Jawa dan Bali pembelajaran dilakukan secara daring, maka kegiatan matsama harus menyesuaikan pula.

Kegiatan matsama dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet. Peserta didik, pemateri, guru, dan pegawai dapat mengikutinya dan memantau jalannya matsama daring dengan aplikasi google meet dari komputer, laptop, ataupun ponsel pintar. Pembukaan Matsama 2021 MTsN 6 Kulon Progo dilaksanakan Senin (12/7/2021).

Sebanyak 128 siswa baru Kelas VII MTsN 6 Kulon Progo mengikuti kegiatan Matsama yang dibagi menjadi dua hari matsama. Hari pertama matsama diikuti dua kelas (64 siswa), begitu pula hari kedua matsama.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd., M.Si. dalam sambutannya sekaligus membuka Matsama 2021 menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini kita harus lebih terampil memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai hal dan kegiatan positif. Baik dalam pembelajaran, maupun berbagai kegiatan bermanfaat lainnya.

"Dalam masa pandemi Covid-19 ini kita harus menjadi lebih terampil memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai hal dan kegiatan positif. Baik dalam pembelajaran maupun berbagai kegiatan bermanfaat lainnya. Kita harus mengikuti kemajuan teknologi dan menggunakannya dengan bijak. Semoga kegiatan matsama daring ini berjalan lancar dan sukses. Aamiin," tuturnya.

Selaras dengan itu, Melilian Choiruddin, S.Ag. dalam laporan panitia PPDB dan matsama menyampaikan bahwa kegiatan tersebut yang semula akan dilaksanakan dengan tatap muka terbatas, dialihkan menjadi daring mengikuti kebijakan pemerintah pusat dan Kementerian Agama terkait PPKM Darurat se-Jawa dan Bali. Meilian juga meyampaikan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan, matsama daring telah melalui tahap uji coba aplikasi dan perangkat bersama guru, pemateri, dan siswa baru pada hari sebelumnya.

PPDB MTsN 6 Kulon Progo berdaya tampung 128 siswa (4 kelas). Sejumlah 32 peserta didik diterima melalui jalur seleksi tahfiz. Pendaftar jalur reguler berjumlah 144 anak. Adapun peserta didik yang diterima melalui jalur reguler berjumlah 96 siswa. (asz)