Selasa, 25 Februari 2020

Tumbuhkan Minat Baca , Siswa MTs N 6 KP Kunjungi Perpusda

 

Tumbuhkan Minat Baca, Siswa MTs N 6  Kunjungi Perpusda Kulonprogo

KULONPROGO – Guna menumbuhkan minat dan sikap budaya gemar membaca, sebanyak 32 siswa kelas VII A MTs N 6 Kulonprogo bersama tiga orang guru pendamping melakukan kunjungan ke Perpusda Kulonprogo pada Selasa, (25/2/2020) .

Meskipun saat ini sudah memasuki era digital di mana semua informasi semakin mudah diakses dari internet, akan tetapi buku cetak masih relevan untuk dijadikan acuan sumber informasi. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kulonprogo menyelenggarakan even Wisata Buku pada Pameran Arsip dan Pesta Buku Murah Inovatif Terlengkap Kulonprogo 2020 bekerjasama dengan Diva Press Yogyakarta. Kegiatan dimulai sejak 19 Februari sampai dengan 6 Maret 2020 di halaman Gedung Perpusda Kulonprogo.

Dalam kunjungan resminya hari ini ke Wisata Buku pada Pameran Arsip dan Buku Murah Inovatif di Perpusda Kulonprogo, selain MTs N 6 Kulonprogo diundang juga 4 sekolah lainnya pada saat yang bersamaan yaitu SD N Kulwaru Kulon, TK PKK Trimurti Kulwaru Kulon, TK N Banyuroto, dan TK ABA Bendungan. “Untuk even Pameran Arsip dan Pesta Buku Murah Inovatif Terlengkap kami adakan 3 kali dalam setahun,” jelas Sri Wursari, salah satu pengelola Perpusda .

[gallery size="full" ids="348"]

“Pameran ini  dibuka untuk umum jadi selain sekolah-sekolah banyak juga masyarakat yang mengunjungi pameran dan bahkan banyak pengunjung yang membeli buku,” kata Sri Wursari selanjutnya saat menemani para siswa di area bazar buku.

Lebih lanjut Sri Wursari memaparkan bahwa tujuan Perpusda mengundang sekolah-sekolah/madrasah adalah yang pertama untuk memfasilitasi kegiatan Outing Class untuk siswa, kedua dalam rangka mempromosikan layanan perpustakaan, dan yang ketiga adalah mempromosikan minat baca buku, dalam rangka mengurangi dampak negatif ketergantungan pada gadget/HP.

“Narkoba No Membaca Yes !,  Arsip Bukan Sampah Tapi Bukti Sejarah!“ begitulah yel-yel yang dilontarkan saat bincang-bincang dengan para siswa dan guru pendamping.  “Dengan pameran ini diharapkan siswa senang membaca atau membudayakan membaca sejak dini “ tambahnya.

Pada kegiatan selanjutnya, kehadiran siswa MTs N 6 KP juga mengadakan acara ramah tamah di aula lantai dua. Rombongan siswa disambut dengan baik pihak pengelola perpustakaan, yang diwakili oleh pustakawan. Acara diisi dengan ceramah dan dialog yang dipandu sendiri oleh Pustakawan Perpusda Kulonprogo, Nurul Fahmayanti, S.IP di Aula. Pada kesempatan tersebut siswa memperoleh informasi banyak hal tentang seluk beluk Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kulonprogo. Dijelaskan pula mengenai pelayanan dan jam kunjung di Perpuda baik untuk pelajar maupun masyarakat umum.

“Kami buka pelayanan mulai dari pukul 08.00 s.d. 17.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu hanya sampai pukul 15.45 WIB”, terang Nurul Fahmayanti di ruang aula.

Ruang koleksi bahan pustaka, tata cara pelayanan untuk, dan prosedur menjadi anggota bahkan  penggolongan atau klasifikasi buku berdasarkan kelasnya pun tak luput dari penjelasannya. Lebih lanjut Nurul Fahmayanti menjelaskan  bahwa siswa MTs N 6 Kulonprogo harus memiliki semangat baca yang tinggi dan membudayakan baca sejak dini dan cinta literasi.

“Mari anak-anak, kita yel-yel bersama,” ajak Pustakawan Maya, pangilan akrab dari Nurul Fahmayanti dengan semangat. “Salam Literasi! Mari Membaca Mari Berkarya! Pingin Mulyo Ayo Moco!” teriak para siswa dipandu Pustakawan dan diikuti dengan tepuk meriah dari para siswa dan pendamping yang hadir di aula.

Rata-rata siswa merasa antusias dan senang dengan adanya program kunjungan ini karena mereka sangat jarang  memiliki kesempatan untuk berkunjung bahkan mengenal perpustakaan yang ada di daerahnya. Bahkan beberapa dari siswa mengungkapkan kesannya yang sangat mendalam atas kunjungan ke Perpusda tersebut.

“Kami senang sekali bisa berkunjung ke sini. Pelayanannya ramah, fasilitas yang lengkap, ruangan yang nyaman dan koleksi buku yang bagus-bagus,” ungkap Shafa saat diwawancarai oleh Puji di ruang koleksi. Hal senada juga diungkapkan oleh beberapa siswa seperti Anisa dan Yaffa serta Rafi yang menyampaikan kepuasannaya telah mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan di acara kegiatan tersebut. “Kami benar-benar senang mendapat banyak pengetahuan, koleksi tidak hanya buku-buku dalam rak, tapi juga buku elektronik” ujar Anisa, Yaffa dan Raffi.

Saat wawancara dengan guru pendamping, Sri Wursari selaku pustakawan bagian pelayanan buku juga menginformasikan bahwa Perpusda Kulonprogo juga melayani peminjaman buku melalui aplikasi online yang diberi nama “iKulonprogo”. Pelajar dan masyarakat dapat dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini sangat mudah dan dapat diakses oleh siapa saja” ujar Sri Wursari. Melalui aplikasi ini pelajar atau masyarakat dapat mengakses secara online untuk meminjam buku sesuai judul yang diinginkan dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Hal ini sangat memudahkan para pelajar dan masyarakat karena bisa dilakukan dimana saja selama tersambung dengan internet.

Saat rombongan berpamitan untuk mengakhiri kegitan kunjungan, Sri Wursari berharap agar MTs N 6 mengunjungi Perpusda kembali pada kesempatan yang lain.  “Kami dari pihak Perpusda menyampaikan terimakasih atas kunjungannya dan kami berharap MTs N 6 Kulonprogo tidak hanya saat ini saja mengunjungi kami, namun dapat berkunjung juga pada kesempatan yang akan datang” ujar Sri Wuryani saat rombongan berpamitan.

Para pendamping juga mengharapkan agar selepas kunjungan ini, siswa MTs N 6 kulon progo khususnya kelas VII A, akan semakin menumbuhkan sikap budaya gemar membaca, rajin mengunjungi dan meminjam buku-buku di perpustakaan madrasah. Siswa yang berkunjung diharapkan juga dapat mengajak dan menularkan pengalamannya kepada siswa kelas lain yang tidak berkesempatan ikut mengunjungi pameran di Perpusda tersebut. ( Puji/ar )

1 komentar

  1. https://waterfallmagazine.com
    Good day! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you
    knew where I could locate a captcha plugin for my comment form?
    I'm using the same blog platform as yours
    and I'm having trouble finding one? Thanks a lot!

    BalasHapus