Senin, 13 Januari 2020

MTsN 6 Kulon Progo Beri Apresiasi Siswa Berprestasi

Kulon Progo (MTsN 6) – Sebagai sebuah pribadi yang sedang tumbuh menuju dewasa,  siswa perlu diberikan motivasi baik berupa kata-kata maupun pemberian reward. Itulah yang dilakukan oleh MTsN 6 Kulon Progo saat upacara bendera Senin (13/1/2020), memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih siswa.

Beberapa kegiatan telah diselenggarakan usai Penilaian Akhir Semester Gasal bulan Desember lalu, diantaranya kebersihan kelas, futsal putra, bola volly putri, tenis meja putra putri, dan catur yang diikuti oleh perwakilan kelas baik secara perorangan maupun beregu sudah selayaknya diberikan apresiasi sesuai kemampuan madrasah.

Hal tersebut dikemukakan Waka Urusan Kesiswaan Drs.Sutanto di sela-sela penyampaian hadiah.

“Dengan pemberian apresiasi akan dapat  meningkatkan motivasi belajar anak, meningkatkan jiwa berkompetisi dan anak merasa dihargai potensinya,”tandasnya.

Kepala Madrasah, Imam Syamroni, S.Pd menyampaian trophy bergilir kepada 9C sebagai Kelas terbersih 1 9C,  8C, dan 7D sebagai terbersih ke-2 dan 3.

Waka Kurikulm Marwati, S.Pd menyampaikan bingkisan juara. Futsal (putra) : 9A, 8B, 9B,8C dan Volly (putri)  : 9C, 9B, 8A.  Waka Humas Ani Romadhoni, S.Pd menyampaikan bingkisan juara Tenis Meja putra : Farhan (8C), Rian Ananta (8B), Yoga (7C). Tenis Meja putri : Agustina (8A), Aalia Zahra (8C) dan Catur : Haikal Sabri (7A), Teguh (9B), Yusuf Mukhlis (8A)

Sementara itu, Tatik Romdhioyati, S.Ag selaku pembina upacara menyampaikan 3 kunci sukses yakni : Ikhtiar, Doa, Tawakal.

Ikhtiar berasal dari bahasa Arab yang artinya sama dengan berusaha. Ikhtiar secara istilah ialah segala bentuk perilaku atau perbuatan manusia untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya, yang dilakukan dengan sepenuh hati, sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin dengan mengerahkan seluruh kemampuan dan keterampilannya serta dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

“Adapun bentuk ikhtiar yakni : 1. Bersungguh-sungguh 2. Bekerja keras 3. Pantang menyerah. Dalam Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11, Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri,“terang Tatik.

Berdoa merupakan salah satu bentuk ikhtiar atau usaha untuk memohon dan meminta sesuatu kepada Tuhan. Doa ini berhubungan langsung dengan Tuhan.

berdoa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Karena hanya Tuhan lah yang Maha segala-galanya yang berhak memberikan segala sesuatu untuk hamba-hamba-Nya.

Sedangkan Tawakal artinya menyerahkan segala permasalahan kepada Allah swt. Dengan sepenuh hati dan berpegang teguh kepada-Nya serta tetap berusaha semaksimal mungkin sehingga tidak merasa sedih dan kecewa terhadap apa pun keputusan yang diberikan-Nya.

Rasulullah menganjurkan untuk senantiasa bertawakal kepada Allah. Dengan bertawakal kepada Allah setiap perbuatan akan diridai-Nya. Bahkan, Allah akan memberikan rezeki kepada orang yang bertawakal. Perilaku tawakal yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.  Kepada para sahabatnya benar-benar menjadi perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan beliau menerapkan perilaku tawakal ini karena ia sendiri melakukan hal sama. “Dalam kehidupannya, Rasulullah SAW. Selalu berserah diri kepada Allah, ia tidak pernah gelisah dan resah dalam menghadapi berbagai persoalan,” pungkasnya.(tan)