Rabu, 25 September 2019

Waka Humas MTsN 6 Kulon Progo Ikuti Workshop

Dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya yang berkenaan dengan informasi dan berita, Waka Humas MTsN 6 Kulon Progo Ani Romadhoni,S.Pd mengikuti Workhsop Peningkatan Tenaga Kehumasan angkatan II yang diselenggarakan Kanwil Kemenag DIY, Rabu (25/9) di ruang PTSP.

Saat membuka workshop, Ka Kanwil Kemenag DIY Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I meminta para peserta dapat memberikan berita ataupun informasi secara cepat dan akurat sebagaimana fungsi kehumasan yakni memberikan layanan kepada masyarakat.

Kepada para peserta yang terdiri  dari Waka Humas maupun Person in charge ( PIC )  dari madrasah, Kasubag Informasi dan Humas Ahmad Fauzi menjelaskan tentang tiga kesenjangan pemberitaan. “Ada tiga kesenjangan pemberitaan : sedikitnya berita padahal  program yang banyak, punya prestasi namun minim publikasi, dan berita negatif yang harus diklarifikasi. Untuk mengurangi kesenjangan berita inilah yang melatarbelakangi diadakannya workshop kehumasan kali ini ,”tandasnya.

Materi dikupas oleh tiga punggawa Inhumas meliputi  Public Speaking (Titik Nur Farikhah),  Rambu Rambu Menulis Berita (Bramma Aji Putra), cara memposting berita (Eko Triyanto)

Menurut Titik, public speaking mempunyai tujuan  untuk menginformasikan,  dan meyakinkan orang lain. Public speaking bisa untuk presentasi, mengikuti meeting, pidato, penyiar radio, master ceremony (MC), moderator dan presenter tv. Melalui public speaking menyampaikan ide/ pemikiran kepada orang lain dengan efektif dan respectif. “Dengan kemampuan ini dapat untuk mengaktualisasikan segala potensi di hadapan siapapun, mendukung kepemimpinan serta menumbuhkan percaya diri,” imbuhnya.

Menurut Bramma untuk menulis berita, beberapa hal yang mesti diperhatikan: judul terdiri 4 sampai 7 kata, menggunakan kalimat aktif, isinya  informatif. Pria yang akrab disama “mas Bram” ini mempunyai moto ”melayani umat adalah tabungan akhirat.”

Narasumber terakhir Eko Triyanto  menjelaskan cara memposting berita sekaligus mengajak peserta untuk menulis berita, mengedit dan mempostingnya.

Ani yang baru saja mengampu Waka Humas merasa senang mengikuti workshop. “Kegiatan ini sangat bermanfaat , apalagi jurnalistik dunia baru bagi kami “ katanya sembari tersenyum. (anr/tan)