Kamis, 15 Agustus 2019

MTsN 6 Kulon Progo Giatkan Peleton Inti

Dalam rangka menyiapkan tim untuk mengikuti lomba baris berbaris tingkat kecamatan Galur, 19 Agustus mendatang, MTsN 6 Kulon Progo (Madenaku) menggelar latihan Peleton Inti (Tonti) setiap Selasa,Kamis dan Sabtu sore di Lapangan Klampok,Brosot,Galur,Kulon Progo.
Wakamad Urusan Kesiswaan Drs.Sutanto menjelaskan, dalam latihan ini madrasah bekerjasama dengan para alumni yang tergabung dalam Dewan Pelatih Tonti (DPT) sebagai instrukturnya. “Tonti dibentuk sebagai wadah untuk menciptakan generasi bangsa yang dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan dengan menghormati bendera merah putih sebagai wujud penghargaan atas perjuangan pahlawan dalam memperebutkan Kemerdekaan Negara Indonesia dan membentuk pribadi yang bersikap disiplin, gotong royong dan cinta tanah air,” ujar Sutanto.
Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni, S.Pd mendukung diadakannya kegiatan itu, karena dapat digunakan ajang interaktif dan kreatifitas untuk kegiatan yang positif. “ Tonti dapat menjadi ajang menyalurkan minat, bakat, keterampilan dan pengetahuan siswa tentang baris berbaris dan tata uapacara bendera, mempersiapkan petugas upacara bendera di madrasah dan menumbuhkan sikap disiplin, tepa selira dan patriotisme,” tandas Imam.
Pendamping lapangan sekaligus guru Penjasorkes Madenaku Sulastri, M.Pd menambahkan, pembentukan tonti melalui beberapa tahapan. Didahului tahap pertama berupa seleksi diadakan Senin s.d Rabu (15-17/7), tahap kedua pelaksanaan latihan rutin dimulai Sabtu s.d Selasa (20/7-16/8)) , tahap ketiga berupa pelantikan, Kamis (15/8), tahap keempat mengikuti lomba Senin (19/8). “Yang mengikuti latihan ada 5 peleton, masing-masing didampingi 2 orang pelatih, dengan target latihan berupa dasar, jalan dan formasi,” pungkas Lastri. (tan)