Selasa, 23 Juli 2019

MTsN 6 Kulon Progo Jadi Tuan Rumah Pengajian Kecamatan Galur

MTs Negeri 6 Kulon Progo menjadi tuan rumah pengajian Kecamatan Galur, Rabu (24/7) kemarin. Tampil sebagai penceramah guru fiqh MTsN 6 Kulon Progo, Drs. Hendarto, MA. Hadir dalam kesempatan ini perwakilan perangkat desa, KUA, Polsek, Koramil, Puskesmas, SD, SMP, MTs se Kecamatan Galur.
Dalam tausiahnya, Hendarto menyebut orang yang cerdas adalah orang yang merajai hawa nafsu, artinya bisa mengendalikan hawa nafsu tak boleh memperturutkannya. “Hawa nafsu bisa diibaratkan dengan orang yang suka mobil, mereka tak akan merasa puas gonta-ganti sepanjang waktu,” ujarnya.
Untuk itu ada beberapa hal yang mesti selalu dilakukan. “Pertama pandai beramal, hal ini diupayakan dengan sekuat tenaga dan akal pikiran untuk selalu beramal dan kedua Menjaga sembahyang lima waktu,” sambungnya. Karena Shalat akan dihisab dan menjadi penentu baik buruk amal, sehingga sudah semestinya terus dijaga dengan melakukan tepat pada waktunya,dijaga kekhusukannya.
Ketiga, mendirikan salat malam sebagai sarana lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Keempat, menjaga diri jangan sampai berbuat dosa. “Terakhir kelima, menjadi orang yang merdeka, yakni tidak suka berhutang. Karena orang yang tak berhutang lebih tenang jiwanya,” pungkasnya.
Sekretaris Kecamatan Galur Widodo, SH mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah turut berperan aktif mengikuti acara dan memberikan infak secara ikhlas. "Kepada pihak MTsN 6 Kulon Progo kami mengucapkan terimakasih sudah menyiapkan tempat dan perlengkapannya. Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Akkah SWT mari kita menyiapkan diri untuk dapat menyembelih hewan kurban di Idhul Adha mendatang," ajak Widodo.
Kepala MTsN 6 Kulon Progo Imam Syamroni,S.Pd mengaku senang madrasahnya menjadi tempat kegiatan, hal tersebut dapat menjadi media lebih mengenalkan madrasah ke masyarakat.(tan)