Senin, 05 Juni 2023

MTsN 6 Kulon Progo Kembali Gelar Workshop IKM

Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo kembali menggelar workshop IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Agenda workshop dilaksanakan di aula madrasah, Sabtu (27/5/2023). Kali ini madrasah menghadirkan Narasumber, Estina Ekawati, S.Si., M.Pd.Si. Ia adalah Widyaiswara Ahli Madya Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY. Agenda workshop IKM ini berlangsung  tertib dan mencerahkan.

Di awal acara Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. memberikan sambutan dan kata pembuka. "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, workshop IKM ini dibuka. Semoga agenda ini dapat meningkatkan pemahaman, mencerahkan, dan menambah wawasan kita bersama. Kurikulum Merdeka terlaksana lebih sukses di madrasah kita tercinta," tuturnya.

Pada agenda workshop, Narasumber Estina Ekawati menyampaikan konsep-konsep  penting dalam Kurikulum Merdeka. "Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Ada projek untuk menguatkan profil pelajar Pancasila yang dikembangkan berdasarkan tema tertentu. Konten akan lebih optimal. Peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi," paparnya.

Estina menambahkan bahwa Guru leluasa memilih berbagai perangkat ajar. Pembelajaran juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik (diferensiasi). Selain itu, terdapat sesi diskusi dan presentasi pada workshop ini. Para guru dapat mengikuti rangkaian agenda ini dengan tertib. (asz).