Senin, 10 April 2023

Jelang P5 RA Tema Kearifan Lokal, MTsN 6 Kulon Progo Adakan Sosialisasi


Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo merupakan madrasah yang menjadi piloting projek pelaksanaan kurikulum merdeka tingkat MTs di Kabupaten kulon Progo. Untuk  pelaksanaan kurikulum tersebut dilaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil 'alamin. Untuk kelas VII (Fase D) dilaksanakan tiga projek. Projek pertama dengan tema: Bangunlah Jiwa Raganya dalam Keseimbangan. Projek ke dua bertema Kewirausahaan dengan Keteladanan. Dua projek tersebut sudah berjalan dengan lancar. Sedang Projek ketiga dengan tema Kearifan Lokal yang Dinamis dan Inovatif.

Menjelang pelaksanaan projek ketiga diadakan sosialisasi pada Sabtu (8/4/ 2023). Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Marwati, S,Pd. memaparkan pentingnya sosialisasi tersebut. "Sosialisasi ini sangat penting untuk memberi pemahaman yang sama tentang apa yang akan dilakukan oleh siswa," ungkapnya.

"Dalam sosialisasi ini disampaikan tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu membatik, waktu pelaksanaan, produk yang akan dibuat oleh siswa, dan perayaan yang akan dilaksanakan berupa fashion show," terang Marwati.

Apresiasi diberikan oleh Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Riza Faozi, S.Ag. M.S.I. "Kegiatan P5 RA ini sangat berguna untuk melatih keterampilan dan mengembangkan karakter siswa. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi kegiatan projek kepada siswa seperti yang telah dilakukan hari ini," ungkap Riza.

Salah satu siswa kelas 7, Rangga mengungkapkan rasa senang bisa mengikuti projek. "Saya sangat senang di kurikulum merdeka ini. Selain pembelajaran teori juga ada kegiatan praktik berupa projek. Sehingga melatih keterampilan semua siswa," ungkapnya. (mar/abi/asz)