Kamis, 29 September 2022

Hidupkan UKS, Siswa MTsN 6 Kulon Progo Ikuti Penguatan Kader Posyandu Remaja



Hidupkan UKS, Siswa MTsN 6 Kulon Progo Ikuti Penguatan Kader Posyandu Remaja
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2022-09-20 11:05:00

Kulon Progo (MTsN6KP) – Usaha Kesehatan Sekolah merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan seluruh warga sekolah. Baik kesehatan fisik maupun mental. Dinas Kesehatan Kulon Progo mengadakan penguatan kader posyandu remaja. Dalam kesempatan ini, Puskesmas Galur 1 menunjuk siswa MTsN 6 Kulon Progo. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Adikarto, Komplek Setda Kabupaten Kulon Progo pada Jum'at (9/9/2022).

Kegiatan penguatan kader posyandu remaja ini tentang kesehatan mental dan psikis remaja. Dalam pelatihan ini, narasumber dari RSUD Wates, Pemateri pertama, dr. Heru Yulianto, MMR Sp.KJ memberikan materi tentang Gangguan mental pada remaja. Pemateri kedua, Diana Setyowati, S.Psi. Psikolog memberikan materi Remaja Tangguh dan Unggul. MTsN 6 Kulon Progo mengirimkan 3 siswa, yaitu Muhammad Isfhfahurrohman, Hanin Heba Alifa, dan Winna Nur Aira Tsaqif. Pembina dari Puskesmas Galur 1 yaitu Erna Prajanti, A.Md.Keb., S.KM. Kegiatan ini juga didampingi guru olahraga MTsN 6 Kulon Progo, Dra. Sulastri, M.Pd. dan Nasrul Perdhana, S.Pd.Jas.

Narasumber Heru Yulianto menyampaikan tentang masalah gangguan mental remaja. "Saat ini kesehatan psikis dan mental remaja juga perlu kita perhatikan. Untuk itu, kita perlu memberikan pemahaman kepada remaja. Salah satu istilah sekarang yang keren yaitu Toxic. Kata Toxic sudah mulai digunakan untuk bahasa remaja sehari-hari. Supaya remaja memiliki motivasi untuk kegiatan positif dan kesehatan mental yang baik," Kata Heru.

Kepala Madrasah, Zainuri, S.Pd. menyampaikan apresiasi ditunjuknya siswa MTsN 6 Kulon Progo. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan penguatan Kader Posyandu Remaja ini. Kegiatan ini sangat bagus untuk siswa, sehingga memiliki pengetahuan tentang kesehatan mental dan psikis siswa. Saya harapkan kader UKS dapat menyosialisasikan ilmu yang diperoleh kepada semua siswa MTsN 6 Kulon Progo," ungkapnya.

Salah satu siswa Kader Posyandu Remaja MTsN 6 Kulon Progo, Hanin Heba Alifa berani bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan narasumber. "Saya tadi bertanya tentang kesehatan remaja dan juga mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan narasumber. Alhamdulillah saya mendapatkan hadiah. Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ilmu ini akan saya bagikan pada teman-teman di madrasah," ujarnya. (las/nas/asz)