Kamis, 20 Januari 2022

Abangguru Ahmad Ikuti Pengambilan Sumpah


Kulon Progo (MTsN6KP) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan pelantikan PNS. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PNS itu bertempat di Abadi Hotel Yogyakarta, Rabu (19/1/2022).

Sejumlah 74 orang CPNS dalam lingkup Kanwil Kemenag DIY dilantik menjadi PNS. Sejumlah 74 orang ini adalah peserta formasi CPNS 2019 Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta yang lulus serangkaian seleksi CPNS dari sembilan ribu lima ratus orang lebih peserta seleksi.

Ahmad Syaifuddin Zuhri, S.Pd., Guru Bahasa Indonesia MTsN 6 Kulon Progo turut dalam pelantikan itu. Guru MTsN 6 Kulon Progo yang dikenal dengan nama pena Abangguru Ahmad itu turut dilantik bersama tiga rekannya dari Kankemenag Kulon Progo. Mereka adalah Bambang Hermanto, S.Kom, Umi Rofiqoh, S.Kom., dan Maristesa Harsal, S.Pd.

Dalam agenda pelantikan itu, Kakanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. melantik para peserta secara langsung. Di dalamnya terdapat agenda pengambilan Sumpah PNS. Disaksikan pula oleh para Pejabat Eselon III Kanwil Kemenag DIY dan Kepegawaian Kankemenag kabupaten/kota. Dengan tertib dan khidmat, para peserta mengikuti seluruh rangkaian agenda pelantikan.

Dalam rangkaian acara pelantikan itu, Kakanwil menyampaikan materi pembinaan. Kakanwil berpesan agar para PNS terus kobarkan semangat berinovasi, menggali potensi diri, dan meningkatkan pelayanan publik Kementerian Agama. "Saya berpesan teruslah semangat berinovasi, menggali potensi, dan meningkatkan pelayanan Kementerian Agama kepada masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Kakanwil menyampaikan pembinaan Penguatan Moderasi Beragama kepada para peserta. "Penguatan Moderasi Beragama sangatlah penting. Indonesia adalah negara yang Bhinneka Tunggal Ika. Toleransi harus benar-benar diterapkan dengan bijaksana," tegas Masmin.

Suasana haru, lega, sekaligus bangga terhias pada wajah para PNS peserta pelantikan. Abangguru Ahmad diberi kesempatan oleh panitia menyampaikan testimoni dalam closing ceremony pelantikan itu. "Semoga testimoni ini mewakili rekan-rekan sejawat sekalian. Kami sangat bersyukur kepada Allah serta berterima kasih kepada para pimpinan dan panitia penyelenggara. Sejak awal tes SKD, SKB, Pembinaan "Mocopatan", Latsar, hingga Pelantikan ini. Panitia Penyelenggara melayani kami dengan sepenuh hati, berdedikasi, dan berintegritas. Semoga Allah senantiasa merahmati kita dalam tugas dan pengabdian. Amin," ungkap Abangguru. (asz)