Jumat, 18 Juni 2021

MTsN 6 Kulon Progo, Wisuda Bukanlah Akhir Belajar

Kulon Progo (MTsN6KP) – MTsN 6 Kulon Progo menggelar wisuda dan penyerahan kembali siswa kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 kepada orang tua/wali siswa. Acara tersebut berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan berlangsung di madrasah setempat, Sabtu (12/6/2021).

Praktisnya, kegiatan wisuda itu dikemas dalam bentuk seremonial pengalungan samir wisuda, pemberian hadiah/penghargaan, serta pembagian buku rapor kepada lima siswa berprestasi nilai tertinggi ASPD dan nilai tertinggi ijazah. Khusus untuk lima siswa berprestasi tersebut turut didampingi oleh ayah/ibu/wali siswanya. Sedangkan pengalungan samir wisuda kepada seluruh siswa kelas IX, dibagikan secara bertahap dengan pembagian menjadi empat gelombang pengalungan samir wisuda setelah acara seremonial wisuda inti usai.

Dalam sambutannnya, Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri S.Pd. menyampaikan bahwa wisuda bukanlah berakhir belajar, namun langkah awal menuju ranah pendidikan yang lebih tinggi, lembaran baru menapaki jalan dalam menggapai cita-cita yang lebih besar dan luhur. Harapan dan keyakinan besar semoga anak-anak kita menjadi generasi hebat dan pemimpin kebanggaan bangsa di masa depan. Selain itu Kamad juga berpesan agar orang tua terus mendampingi dan memotivasi anak-anaknya hingga menggapai impian dan cita-citanya.

"Wisuda bukan berarti berakhir belajar, namun langkah awal menuju ranah pendidikan yang lebih tinggi, lembaran baru menapaki jalan dalam menggapai cita-cita yang lebih besar dan luhur Insya Allah. Semoga anak-anak kita ini menjadi generasi hebat serta menjadi pemimpin dan kebanggaan bangsa di masa depan. Orang tua juga perlu terus mendampingi serta memotivasi anak-anaknya hingga menggapai impian dan cita-citanya," tuturnya.

Sementara itu Ketua Komite Madrasah, Ismail Taufiq, S.I.P. dalam sambutan penerimaan kembali siswa menyampaikan hal yang selaras dengan amanat kepala madrasah. Ia juga berharap agar anak-anak dapat menjawab tantangan di masa depan dengan gemilang.

Dalam kesempatan tersebut, madrasah memberikan penghargaan kepada lima siswa berprestasi nilai tertinggi ASPD dan nilai tertinggi ijazah, yaitu Maura Dwi Asyifa, Hanum Yuli Arizha Putri, Nur Annisa, dan Irwan Nur Setiadi. Berkesempatan memberikan penghargaan yaitu Waka Kurikulum Marwati, S.Pd.

Pengawas Madrasah Barokatussolihah, S.Ag., M.Si. dalam sambutannya menyematkan beberapa bait pantun nasihat yang mencairkan dan memeriahkan suasana acara. Ika sangat bangga atas raihan prestasi siswa MTsN 6 Kulon Progo dan berharap terus terjadi peningkatan prestasi. Ika juga menyampaikan doa serta harapan pula agar anak-anak senantiasa dianugerahi ilmu yang bermanfaat dan barokah untuk bekal kehidupannya di dunia hingga akhirat.

Seremonial wisuda dan penyerahan kembali siswa tersusun dengan rangkaian mata acara lantunan tilawah ayat suci Alquran oleh Abi Kusna, kumandang lagu Indonesia Raya yang dipandu dirigen Sri Pujiastuti, S.Pd. dan musik pengiring Drs. Zamroni, serta doa penutup dipandu oleh Isnandar, S.Th.I. Sementara Wali Kelas IX: Triyana, S.Pd., Ika Septiana, S.Pd., Sri Purwaningsih, S.Pd., dan Nursinah, S.Pd. sebagai pengalung samir wisuda secara bergelombang kepada para siswa tiap kelas. (asz)